Cokronegoro Diminta Jadi Nama Jalan Utama di Purworejo

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

Nama Jalan PURWOREJO - Keturunan Bupati Pertama Purworejo KRAA Cokronegoro I meminta Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain menjadikan Cokronegoro sebagai nama jalan utama di kota Purworejo. Hal itu mereka sampaikan kepada Bupati ketika berkumpul dalam acara peringatan lahirnya nama Purworejo di Pendapa Agung Kabupaten Purworejo, Rabu (27/2/2013).

Dalam acara tersebut turut hadir pula mantan Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Muladi. Ia yang memperistri seorang wanita yang masih keturunan Cokronegoro menyatakan, menanamkan kenangan akan Cokronegoro dalam benak masyarakat merupakan hal yang sangat penting.

“Sebaiknya, ada jalan di Purworejo yang memakai nama beliau. Hal ini penting agar jasa beliau yang demikian banyak tidak terlupakan. Kita bisa melihat, masjid Agung Purworejo, bedug Pendowo, Pendapa Agung, dan Jalan Purworejo-Magelang merupakan karya beliau yang sangat bermanfaat,” jelasnya ketika ditemui di sela acara.

Selain itu, secara resmi trah Cokronegoro membacakan petisi permintaan secara resmi kepada Bupati. Dalam pembacaan petisi yang diwakili oleh Dr RH Pancer Purwokusumo, mereka memohon kepada Bupati agar nama Cokronegoro dijadikan nama satu ruas jalan utama di kota Purworejo. Permintaan tersebut disambut baik oleh Bupati.

“Cokronegoro memiliki banyak jasa untuk Purworejo. Karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk mikul dhuwur mendem jero. Bupati sekarang hanya merasakan dampak pembangunan yang dirintis Cokronegoro. Karena itu Insyaallah permintaan tersebut akan kami laksanakan. Namun demikian, karena memberi nama jalan, kami harus berkoordinasi dengan DPRD. Pada 2014 akan kami agendakan,” jelas Bupati Mahsun.(*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809