Bupati Purworejo Keluarkan SE Netralitas PNS dalam Pilgub

Ilustrasi

PURWOREJO, suaramerdeka.com – Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg memenuhi janjinya kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah yang menjamin netralitas PNS di Kabupaten Purworejo dalam Pilgub Jawa Tengah. Bupati telah mengeluarkan surat edaran Nomor: 800/2209/2013.

Dalam surat edaran tersebut, Bupati memaparkan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tantang Pokok-Pokok Kepegawaian, PNS sebagai aparatur negara dan pelayan masyarakat harus netral dari pengaruh semua golongan atau partai politik, serta tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Surat edaran tersebut sudah didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Dalam PP tersebut disebutkan bahwa PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah. Bentuk dukungan yang dilarang itu, antara lain terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, atau menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye.

Menurutnya, pelanggaran terhadap kewajiban dan larangan sebagaimana tersebut pada angka 1 dan angka 2, dikategorikan sebagai pelanggaran disiplin PNS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Pasal 4 angka 15.

Adapun sanksi bagi PNS yang melanggar ketentuan terdiri dari hukuman disiplin tingkat sedang dan berat. Hukuman disiplin tingkat sedang diperuntukkan bagi PNS yang terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.

“Penjatuhan hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang menghukum, dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor yang meringankan dan memberatkan dan didasarkan atas hasil pemeriksaan oleh pejabat pemeriksa sesuai prosedur yang berlaku,” katanya.

( Nur Kholiq / CN26 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809