Bawang Putih di Purworejo Tembus Rp 44 Ribu per Kilogram

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

PURWOREJO - Sepekan terakhir, harga bawang putih dan bawang merah mengalami kenaikan drastis di Purworejo. Cuaca ekstrem yang memicu gagal panen diduga menjadi penyebab lonjakan harga ini.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja di Pasar Induk Baledono Purworejo pada Jumat (8/3/2013), harga bawang putih mencapai Rp 44 ribu dan bawang merah mencapai Rp 39 ribu per kilogramnya. Hal ini dikeluhkan oleh pedagang dan pembeli.

Seorang pedagang, Ny Suwarno (45) menjelaskan, kenaikan sudah terasa sejak sepekan terakhir. Pada awal pekan ini harga bawang putih sebesar Rp 25 ribu. Namun setiap harinya merangkak naik. Penyalur pun tidak memberitahukan alasan kenaikan harga kepadanya.

“Habis 25 ribu itu terus naik jadi 28, 30, 35 dan tadi pagi jadi Rp 39 ribu per kilo untuk bawang merah. Penyalur waktu saya tanya juga nggak tahu penyebab kenaikan,” jelasnya.

Akibat kenaikan harga ini, ia menerima keluhan dari banyak pelanggannya yang didominasi ibu rumah tangga. Namun karena tidak tahu penyebab kenaikan, ia pun kesulitan menjelaskan pada pelanggannya.

Terkait hal tersebut, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Purworejo Drs Suhartini MM melalui Kabid Perdagangan Bambang Gatot Senoaji menjelaskan, dalam masalah kenaikan harga bawang ini pihaknya mengakui kesulitan mengontrol harga. Harga hasil bumi satu faktornya ditentukan oleh kondisi alam yang sulit dihindari.

“Dugaan kami, mungkin karena banyak lahan rusak. Hal ini menyebabkan harga komoditas hasil bumi lokal naik. Selain itu cuaca ekstrim turut berperan. Satu contohnya adalah banjir yang terjadi di daerah penghasil bawang yaitu Brebes membuat harga naik,” jelasnya. (*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809