Bantu Penyandang Cacat, Pemkab Purworejo Alokasikan Rp 240 Juta

[quote]Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengalokasikan dana Rp 240 juta untuk membantu 116 penyandang cacat di wilayahnya pada tahun 2013.[/quote]

Tak mendapat bantuan, bukan berarti penyandang cacat di Purworejo putus asa dalam berkreasi.Foto : Jarot Sarwosambodo

PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengalokasikan dana Rp 240 juta untuk membantu 116 penyandang cacat di wilayahnya pada tahun 2013. Dana tersebut akan dialokasikan untuk membeli berbagai peralatan pembantu aktivitas para tunadaksa itu.

Kabid Sosial Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Purworejo Sri Lestariningsih mengatakan, anggaran itu murni dari APBD Kabupaten Purworejo. “Kami sudah mendata ada 7.305 penyandang cacat tahun 2012. Lalu penanganan mulai dilakukan tahun 2013 untuk 116 penyandang cacat. Memang belum menyentuh semuanya, namun akan kami lakukan terus secara bertahap,” ungkapnya kepada KRjogja.com, Rabu (20/3).

Menurutnya, pemerintah selalu mengalokasikan anggaran penanganan penyandang cacat. Pada tahun 2012, pemkab juga menyalurkan bantuan untuk 209 penyandang tunadaksa di Purworejo.

Selain itu, pemkab juga bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Tuna Daksa milik Kementerian Sosial RI di Solo untuk melatih para penyandang cacat. Setiap tahun, pemkab mengirimkan antara 10 – 15 penyandang cacat untuk mendapat pengobatan dan pelatihan berbagai keterampilan.

Setelah mendapat penanganan, lanjutnya, sebagian penyandang cacat bisa pulih mentalnya dan mensejahterakan diri mereka. “Sepulang dari pelatihan, mereka diberi modal dan mengembangkan usaha di rumahnya. Sudah banyak penyandang cacat yang memiliki keterampilan dan sukses menjalankan usaha, bahkan bisa menghidupi masyarakat sekitar rumah mereka,” ungkapnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809