Bangau Sahabat Petani, Penumpas Keong

‘Kerjasama’ saling menguntungkan antara bangau dengan petani di Purworejo.(Foto:Jarot S)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Puluhan burung bangau hilir mudik di sekitar buruh tani yang sedang membajak sawah di Desa Karangsari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Senin (08/04/2013). Sang buruh tidak mengusirnya dan karena merasa nyaman, bangau pun tidak berhambur pergi.

Buruh itu tahu bangau bukan penganggu, melainkan membantu mereka mengurangi populasi serangga dan keong yang berpotensi menjadi hama tanaman padi. “Mereka memangsa serangga kecil, utamanya keong, jadi malah membantu kami,” ungkap Gino (34) buruh pembajak sawah di Karangsari, kepada KRjogja.com, Senin (08/04/2013).

Bangau otomatis datang berkerumun di sawah yang sedang dibajak. Mata bajak akan membalikkan tanah mengeluarkan keong dari dalam tanah serta membuat serangga keluar persembunyiannya.Petani di Desa Watukuro Purwodadi, Sujadi (40) menambahkan, kawanan burung tersebut tidak hanya berasal dari Purworejo, melainkan dari daerah Yogyakarta. “Kalau sore hari, biasanya kawanan itu terbang menuju timur, kemungkinan juga dari Yogyakarta. Selain mengurangi hama, keberadaan mereka jadi hiburan bagi kami,” ucapnya.(Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809