Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang

PURWOREJO – Angin kenjang yang mengawali hujan deras melanda sebagian besar wilayah di Kabupaten Purworejo malam akhir pekan lalu. Angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, bahkan menutup jalan.

Angin kencang Purworejo

Gambar Ilustrasi

Meski demikian tidak ada laporan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adanya kerusakan rumah akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Drs Boedi Hardjono yang dimintai konfirmasi melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan Hardoyo menyebutkan, angin kencang itu terjadi sekitar pukul 22.00 Jumat (22/2) malam.

“Laporan yang masuk angin kencang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Hardoyo, sebelum angin kencang terjadi suhu udara di Kabupaten Purworejo sangat panas. Beberapa saat kemudian angin kencang mulai terjadi. Warga di sekitar rumahnya terdapat pohon-pohon besar cukup cemas.

“Setelah itu hujan deras dan angin kencang baru mulai hilang,” katanya.

Laporan yang diterima BPBD, sambungnya, angin kencang itu mengakibatkan pohon tumbang di jalan Purworejo-Yogyakarta. Pohon tumbang juga dilaporkan menutup akses jalan di Kecamatan Bayan dan Butuh hingga memacetkan arus lalu lintas sekitar satu jam. Arus lalu lintas kembali lancar setelah batang pohon digergaji dan disingkirkan dari tengah jalan.

Selain di jalur utama, pohon tumbang juga sempat menutup jalan kabupaten di di Desa Soko Kecamatan Bagelen dan di Desa Tegalkuning Kecamatan Banyuurip. Warga bersama petugas dari BPBD dan TNI langsung kerja bakti menyingkirkan batang pohon tumbang.

“Angin kencang sempat membuat aliran listrik di sebagian wilayah di Kabupaten Purworejo padam,” tandasnya.

( Nur Kholiq / CN34 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809