Akar Pohon Kelapa Keropos ‘Minta’ Korban

Akar keropos memicu pohon kelapa milik Fajar tumbang ketika dipanjat Wagimin. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO - Wagimin (60) warga RT 02 RW 01 Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri jatuh bersama robohnya pohon kelapa milik tetangganya yang sedang dipanjat, Kamis (14/3) pukul 09.00. Korban berhasil selamat, namun harus menjalani rawat inap di RS Palang Biru Kutoarjo karena luka yang diderita.

Pemilik pohon warga RT 02 RW 02 Kalimeneng, Fajar Prasetyo (28) mengatakan, robohnya tanaman itu diduga karena akar sudah keropos. “Ternyata akarnya keropos, kami sendiri tidak mengetahui. Sebab secara kasat mata, pohon tumbuh normal,” ucapnya kepada KRjogja.com.

Menurutnya, peristiwa itu bermula ketika keluarga meminta tolong korban untuk memetyik kelapa di pohon nahas itu. Pemilik berencana menebang pohon tersebut karena dinilai membahayakan dan ingin memanfaatkan kayunya untuk memperbaiki rumah. Pemetikan buah dan pemangkasan daun harus dilakukan agar pohon mudah ditebang.

Korban memanjat pohon setinggi 12 meter itu dan ketika baru menjatuhkan tiga butir, tiba-tiba tumbang. “Tumbangnya ke arah barat, sementara korban memeluk pohon dari sisi timur sehingga ketika roboh tidak tertimpa. Pohon itu juga nyaris menimpa rumah saya,” ungkapnya.

Kendati demikian, kerasnya benturan menyebabkan korban pingsan. Warga membawa Wagimin ke RS Palang Biru untuk mendapat perawatan. Sementara pihak keluarga memutuskan menebang pohon lain karena khawatir tumbang.

Kades Kalimeneng Much Romelan menambahkan, korban menderita patah tulang rusuk pada empat bagian. “Namun sudah siuman dan kondisinya membaik,” katanya. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809