99.034 Wajib KTP di Purworejo Belum Rekam Data

Ilustrasi

PURWOREJO, suaramerdeka.com – Meskipun E-KTP sudah mulai dibagikan, tapi ternyata belum semua wajib KTP di Kabupaten Purworejo sudah melakukan perekaman data kependudukan. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mencatat sedikitnya masih ada 99.034 wajib KTP yang belum melakukan perekaman.

“Data yang belum melakukan perekaman itu per 12 April 2013. Kami terus melakukan penyisiran, baik dengan mengundang wajib KTP maupun mendatangi bagi yang tidak mungkin bisa datang ke kantor karena faktor usia atau sakit,” ujar Plt Kepala Disdukcapil Drs H Said Romadon saat dimintai konfirmasi melalui Kabid Kependudukan Yurin Widiastuti, Rabu (24/4).

Lebih lanjut Yurin menjelaskan, jumlah keseluruhan wajib KTP di Kabupaten Purworejo sebanyak 608.396 orang. Mereka yang belum melakukan perekaman data E-KTP karena beberapa sebab, di antaranya benar-benar belum melakukan perekaman, pindah alamat, sudah meninggal, jompo, sakit gila.

Dikatakan Yurin, UPT di masing-masing kecamatan sudah mulai mengundang mereka yang belum melakukan perekaman data. Kecamatan Bruno merupakan yang  yang paling banyak warganya yang belum perekaman data, yaitu sebanyak 10.055 orang.

Berikutnya Kecamatan Pituruh sebanyak 9.202 orang dan urutan ketiga Kecamatan Purworejo sebanyak 8.007. “Yang paling baik atau paling banyak melakukan perekaman data EKTP adalah Kecamatan Kaligesing dan Kecamatan Loano. Meskipun kedua kecamatan tersebut berada di daerah pegunungan namun kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman data E-KTP cukup tinggi,” katanya.

Yurin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Purworejo mentargetkan pada akhir bulai Mei 2013, perekaman data EKTP bisa selesai semua, sedangkan pendistribusian E-KTP yang sudah tercetak sampai akhir 2013 ini.

( Nur Kholiq / CN26 / JBSM )

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809