5 Ribu Mangrove Ditanam di Pantai Keburuhan Purworejo

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

PURWOREJO – Sebagai upaya penghijauan pesisir selatan Purworejo sekaligus mengangkat perekonomian rakyat, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Purworejo melakukan penanaman Mangrove di Pantai Keburuhan di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Purworejo, Kamis (4/4/2013). Dalam acara ini, sebanyak 5 ribu bibit mangrove ditanam bersama oleh masyarakat, TNI dan beberapa pimpinan SKPD.

Acara yang merupakan peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2013 didahului dengan upacara yang dipimpin oleh wakil Bupati Purworejo, Suhar. Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan sumberdaya hutan tidak saja menjadi aset bangsa, tetapi juga menjadi aset dunia. Ia menjelaskan hutan tidak hanya memiliki fungsi sosial-ekonomi dan sosial-budaya, tetapi juga mempunyai fungsi ekologis, yang peranannya sangat vital bagi kelestarian lingkungan hidup.

“Oleh karena itu, dapat dimengerti jika peranan lembaga yang menangani Kehutanan menjadi sangat penting, dalam menjaga kelestarian fungsi hutan agar tetap optimal,” ujarnya.

Seusai upacara, masing-masing pimpinan SKPD melakukan penanam secara simbolis sebatang bibit mangrove. Selanjutnya, masyarakat sekitar pantai dan anggota TNI bekerja sama menanam bibit di sepanjang aliran sungai yang mengalir di kawasan pantai Keburuhan.

Kepala Dispertanhut melalui kepala Bidang Kehutanan, Ir Argo Prasetya menjelaskan, selain lima ribu bibit yang ditanam kali ini, pihaknya akan terus mengembangkan mangrove di pesisir selatan Purworejo.

“Tahun ini total 32,5 hektar lahan akan ditanami dengan Mangrove. Semuanya akan difokuskan di kawasan pantai selatan Purworejo. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo untuk merehabilitasi pantai agar terhindar dari abrasi. Selama ini abrasi yang terjadi di pantai Keburuhan cukup parah,” jelasnya.(*)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809