4.578 Kartu Jamkesmas Di Purworejo Dikembalikan

Kartu Jamkesmas yang dikembalikan ke dinkes. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO - Sebanyak 4.578 kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) untuk Kabupaten Purworejo, dikembalikan kepada dinas kesehatan (dinkes) setempat. Pengembalian karena pemilik kartu sudah meninggal dunia, pindah alamat dan tidak diketahui keberadaannya serta rusak. Bahkan ada 49 anggota TNI dan PNS yang masuk kuota serta empat penerima menolak menerima kartu karena tergolong keluarga mampu.

Jumlah penerima yang meninggal dunia sebanyak 3.150, pindah alamat 738, tidak ditemukan alamatnya 240, tercetak ganda 258, rusak 139. “Kartu yang sudah didistribusikan sebanyak 248.569,” ungkap Ekaningtyas Kabid Promosi dan Pembiayaan Kesehatan Dinkes Purworejo, kepada KRjogja.com, Jumat (08/03/2013).

Pihak dinkes, lanjutnya, tidak mengetahui penyebab masuknya 49 TNI/PNS serta 4 warga mampu yang tertulis di kartu sebagai pegawai kantor statistik, masih masuk kuota. Menurutnya, pendataan bukan menjadi kewenangan dinkes melainkan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kartu yang dikembalikan itu sementara akan disimpan di Dinkes Purworejo. Meski demikian, pemerintah kabupaten sudah mengirimkan data nama pemilik kartu tersebut kepada Kementerian Kesehatan.

Pihak dinkes juga menemukan adanya kartu yang nama pemiliknya salah cetak. Namun tetap dibagikan kepada yang bersangkutan karena jika dikembalikan, pemerintah pusat tidak dapat menjamin penerima mendapatkan kartu Jamkesmas dalam waktu cepat. Kartu tersebut tetap berlaku dengan disertai surat dari desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan peserta Jamkesmas. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809