29 Ruas Jalan Segera Diperbaiki

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purworejo mengaspal jalan berlubang. (Foto : Jarot Sarwosambodo)

PURWOREJO (KRjogja.com) - Sebanyak 29 ruas jalan di Kabupaten Purworejo akan ditingkatkan pada tahun 2013. Selain itu, dua jembatan juga akan direhabilitasi oleh pemerintah.

Pemerintah mengalokasikan anggaran kurang lebiH Rp 52,7 miliar. “Dana bersumber dari APBD II, APBD I serta DAK APBN. Semua untuk alokasi tahun 2013,” tutur Ir Fatori, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com, Selasa (14/05/2013).

Jalan yang menjadi sasaran peningkatan terdapat di hampir seluruh wilayah Purworejo. “Tahun 2013 peningkatannya lebih merata, bahkan ruas-ruas di pelosok Purworejo yang selama ini dikeluhkan masyarakat juga mendapat alokasi,” ungkapnya.

Menurutnya, perbaikan tersebut sudah diprogramkan sejak tahun 2012 dan tidak berkaitan dengan jatuhnya korban jiwa akibat jalan rusak. Termasuk kecelakaan yang menimpa Sulastri (31) ibu hamil warga RT 01 RW 01 Desa Banjarsari Kecamatan Purwodadi, yang tewas bersama bayi dalam kandungan setelah sepeda motornya terperosok lubang jalan di Kebonsari Purwodadi. Namun ia mengakui, upaya tersebut akan menekan dan mengantisipasi risiko kecelakaan di Purworejo.

Pemerintah menargetkan 65 persen ruas jalan milik kabupaten dalam kondisi baik pada tahun 2013. Persentase itu melebihi angka yang ditetapkan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni 60 persen jalan dalam kondisi baik pada tahun 2015.

Sementara itu warga Desa Kebonsari, Bayu Fautza (33) mengemukakan, pemerintah mulai mengukur jalan di wilayahnya. Masyarakat, lanjutnya, berharap pemerintah menindaklanjuti langkah pengukuran dengan realisasi perbaikan jalan. (Jar)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809