111 Warga Purworejo Terjangkit DBD

PURWOREJO – Sebanyak 111 warga Kabupaten Purworejo terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang tahun 2013. Serangan tidak hanya ditemukan di kawasan perkotaan seperti Purworejo dan Kutoarjo, namun mulai merambah daerah perdesaan.

Belum ada pasien yang meninggal akibat penyakit itu. “Penanganan cepat dapat mencegah kejadian fatal. Kami tidak menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) karena hanya peningkatan kasus biasa,” kata drg Dwitiya Suprijono MKes Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo, kepada KRjogja.com, Jumat (1/3).

Serangan DBD ditemukan di Desa Grantung dan Dukuhrejo Kecamatan Bayan, Dudu Kulon Grabag serta Lugosobo Gebang. Serangan itu diduga karena tidak terkendali populasi nyamuk aides aygepty di empat desa itu.

Berdasar hasil penyelidikan epidemologi (PE) yang dilakukan dinkes, ditemukan sejumlah titik breeding nyamuk di lingkungan permukiman warga. Nyamuk bertelur pada genangan air hujan yang tertampung pada kaleng bekas, potongan bambu, batok kelapa serta tempat minum unggas. Apalagi papar Dwitiya, cuaca tidak menentu menyebabkan air hujan tidak mengalir dan menggenang dalam jangka lama.

Untuk menekan serangan, dinkes melakukan pengasapan pada 20 lokasi di wilayah Purworejo. Pengasapan pada satu titik dilakukan satu hingga dua kali tergantung perkembangan serangan penyakit itu. (Jas)

 

Rental Mobil Purworejo

Kami siap jemput & antar ke tujuan Anda. Hubungi kami sekarang juga! Telp 08111800809